Brio

Honda Brio Menyerah di Negeri Bollywood

Written by ikhsanjauhari

Pabrikan asal Jepang, Honda akhirnya menghentikan penjualan salah satu hatchback andalannya, Honda Brio. Namun, hal tersebut bukan terjadi di Indonesia, melainkan di India.

Melansir lama Economics Times, pabrikan berlambang huruf H ini harus menghentikan penjualan Brio setelah 7 tahun diniagakan di Tanah Hindustan. Saat ini, Honda Cars India, bakal lebih memaksimalkan penjualan sedan Amaze sebagai model entry level-nya.

“Kami telah menghentikan produksi Brio, dan hingga saat ini kami tidak bermaksud untuk membawa Brio generasi baru ke India,” jelas Senior Vice President and Director (Sales and Marketing) Honda Cars India, Rajesh Goel.

Goel melanjutkan, saat ini ada pergesaran tren konsumen di India, yang lebih menginginkan kendaraan yang lebih besar. Hal tersebut, juga menjadi tren global yang saat ini terjadi.

“Sedan penjualannya tinggi di India tahun lalu. Ini adalah siklus motorisasi khas yang diikuti di setiap negara, dan hanya saja di India laju peningkatannya jauh lebih lambat daripada negara lain,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mengisi segmen model entry-level di India, Honda hanya akan memberikan pilihan untuk sedan Amaze. Sedangkan untuk Honda Jazz dan WR-V bisa menjadi alternatif pilihan untuk mobil dengan dimensi yang lebih besar, dan bisa ditawarkan untuk konsumen di India.

Honda Brio meluncur di India September 2011, dan telah terjual sebanyak 97 ribu unit. Sebelumnya, pada 2017, Honda juga telah terlebih dahulu menghentikan produksi dan penjualan dari LMPV, Mobilio.

About the author

ikhsanjauhari

Leave a Comment